STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) BTQ SD/MI KURIKULUM K-13 TA. 2021-2022
Daunpendidikan.com. Segala Puji atas segala nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita semua. Pada kesempatan pagi ini, daunpendidikan.com akan membahas Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Btq Sd/Mi Kurikulum K-13 TA. 2021-2022.
BTQ merupakan singkatan dari Baca Tulis Qur’an. Sejak tahun 2011 diluncurkannya program BTQ khususnya di SD/MI diharapkan ruh Islam yang tadinya hampir mati dapat hidup kembali dengan adanya proses regeneralisasi oleh kader-kader Islam selanjutnya yang di hasilkan dari siwa-siswi atau lulusan sekolah yang menerapkan kurikulum BTQ ini.
Dalam pelaksanaannya, setiap peserta didik untuk meningkatkan kompetensi dapat mengikuti baca tulis Al-Quran di lembaga non formal seperti Diniah Takmiliyah Awaliyah, Mesjid, Mushola, Mejlis Ta’lim, Pondok Pesantren atau Bimbingan Belajar.
Bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan Baca Tulis Al-quran di lembaga non Formal tersebut wajib menyampaikan nama tempat dan nama guru Baca Tulis Al-Quran di lembaga non formal tersebut kepada guru pendidikan Agama Islam di Sekolahnya. Pendidikan Baca Tulis Al-Quran dilakukan oleh tenaga pendidik yang memiliki kompetensi sebagai pendidik Baca Tulis Al-Quran.
Pelaksanaan pendidikan Baca Tulis Al-Quran bagi peserta didik berpedoman pada Pedoman Pelaksanaan Baca tulis Al-Quran dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang disusun oleh Dinas setempat.
Adapun landasan/dasar hukum dari kurikulum BTQ adalah :
• UUD Tahun 1945
• UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
• PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
• Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
• Permendiknas No 23 2006 : SKL
• Permendiknas No 24 2006 : Pelaksanaan PP 22 dan
• Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007 tentang
• Pendidikan Agama dan Keagamaan.
• Instruksi Menteri Agama RI N0 3 Tahun 1990 tentang Upaya
• Peningkatan Kemampuan BTHQ
Kemudian pada dasarnya diadakan atau dibentuknya Kurikulum Baca Tulis Quran (BTQ) ini bertujuan untuk :
1. Membantu peserta didik atau warga belajar yang belum mengenal membaca dan menulis Al-Quran.
2. Memperdalam dan meningkatkan pengetahuan peserta didik atau warga belajar dalam ketrampilan BTQ.
3. Memberikan motivasi kepada peserta didik atau warga belajar agar lebih bergairah membaca Al-Quran sebagai kitab suci yang menjadi tuntunan umat Islam.
4. Sebagai sarana tolok ukur keberhasilan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) disekolah-sekolah yang khususnya di Kabupaten Purwakarta.
Berikut ini Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar BTQ SD/MI Kurikulum K-13 TA. 2021-2022 yang dapat dijadikan sebagai refrensi ataupun acuan dalam pemebuatan Perangkat pemebelajaran seperti ; Prota, Promes, Silabus, RPP dan Pemetaan KD.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BTQ SD/MI KURIKULUM K-13 TA. 2021-2022
A. STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS I SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca huruf-huruf hijaiyah
2. Membaca tanda huruf Al-Qur’an
3. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
4. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an | 1.1. Melafadzkan huruf hijaiyah dengan fasih
2.1. Melafadzkan tanda baca Al-Qur’an dengan benar
3.1. Melafadzkan surat An-Naas dengan fasih
4.1. Menghafal surat An-Naas dengan fasih dan lancar | Huruf hijaiyah mulai Alif s/d Ya’
Fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun
Surat An-Naas
Surat An-Naas |
B. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS I SEMESTER II
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Menulis huruf-huruf Al-Quran
2. Menulis tanda baca Al-Qur’an
3. Membaca Al-Qur’an dengan tartil
4. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an | 1.1. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an mulai Alif s/d Ya’
2.1. Menulis tanda baca Fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun
3.1. Melafadzkan surat Al-Falaq
4.1. Menghafal surat Al-Falaq dengan benar dan lancar | Huruf-huruf Hijaiyah
Tanda baca Al-Qur’an
Surat Al-Falaq
Surat Al-Falaq |
C. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS II SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam AL-Qur’an Qur’an
2. Menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca | 1.1. Melafadzkan surat Al-Ikhlas dengan benar
Menghafal surat Al-Ikhlas dengan fasih dan lancar Menghafalkan surat Al-Lahab dengan fasih dan lancar
3.1. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun | Surat Al-Ikhlas
Surat Al-Ikhlas
Surat Al-Lahab
Surat Al-Ikhlas |
D. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS II SEMESTER II
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Tanda baca Al-Qur’an
| 1.1. Melafadzkan surat An-Nashr dengan fasih
2.1. Menghafal surat An-Nashr dengan fasih dan lancar
3.1. Melafadzkan tanda baca Fathatain, Kasrotain, Dlommatain 3.2. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang diberi tanda baca Fathatain, Kasrotain, Dlommatain dengan benar 3.3. Melafadzkan huruf-huruf Al-Qur’an yang diberi tanda baca Fathatain, Kasrotain, Dlommatain dengan benar | Surat An-Nashr
Surat An-Nashr
Huruf dan tanda baca Al-Qur’an |
E. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS III SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Membaca tanda baca Al-Qur’an
4. Menulis tanda baca Al-Qur’an | 1.1. Melafadzkan surat Al-Kafirun dengan fasih
2.1. Menghafalkan surat Al-Kafirun dengan fasih dan lancar
3.1. Melafadzkan tanda baca Tasydid dengan benar 3.2. Melafadzkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah
4.1. Menulis tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun | Surat Al-Kafirun
Surat Al-Kafirun
Tanda baca Syaddah / Tasydid
Surat Al-Kafirun |
F. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS III SEMESTER II
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Menulis huruf Al-Qur’an
4. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
5. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an | 1.1. Melafadzkan surat Al-Kautsar dengan fasih
2.1. Mengahafalkan surat Al-Kautsar dengan fasih dan lancar
3.1. Merangkai dua atau tiga huruf Al-Qur’an dengan benar
4.1. Melafadzkan surat Al-Maa’uun dengan fasih
5.1. Menghafalkan surat Al-Maa’uun dengan fasih dan lancar | Surat Al-Kautsar
Surat Al-Kautsar
Huruf-huruf Al-Qur’an
Surat Al-Maa’uun
Surat Al-Maa’uun |
G. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS IV SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an
2. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an | 1.1. Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya 1.2. Merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat
2.1. Melafadzkan surat Al-Quraisy dengan fasih
3.1. Menghafalkan surat Al-Quraisy dengan fasih dan lancar |
Huruf-huruf Al-Qur’an
Surat Al-Quraisy
Surat Al-Quraisy |
H. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS IV SEMESTER II
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
4. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an | 1.1. Melafadzkan surat Al-Fiil dengan fasih
2.1. Menghafalkan surat Al-fiil dengan fasih dan lancar
3.1. Mengidentifikasi hukum bacaan nun sukun atau tanwin 3.2. Mempraktekan hukum bacaan nun sukun atau tanwin dalam bacaan Al-Qur’an
4.1. Merangkaikan 5 huruf Al-Qur’an dengan benar | Surat Al-fiil
Surat Al-fiil
Bacaan : - Idhar - Idghom Bihunnah - Idghom bila ghunnah - Iqlab - Ihfa’
Huruf-huruf Al-Qur’an |
I. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS V SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
4. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
5. Membaca Al-Qur’an dengan tartil | 1.1. Melafadzkan surat Al-Humazah dengan fasih
2.1. Menghafalkan surat Al-Humazah dengan fasih dan lancar
3.1. Mengidentifikasi bacaan Mad 3.2. Mempraktekan bacaan Mad dalam membaca Al-Qur’an
4.1. Mengidentifikasi hukum bacaan Mim sukun 4.2. Mempraktekan bacaan Mim sukun dalam bacaan Al-Qur’an
5.1. Mempraktekan membaca Al-Qur’an | Surat Al-Humazah
Surat Al-Humazah
Mad Thobi’i
Bacaan : - Idhar Syafawi - Ihfa’ Syafawi - Idghom Mimi (Idghom mitsly) Al-Qur’an Juz 1-10 |
J. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS V SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK |
1. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an 2. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an 3. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an
4. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an 5. Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an 6. Membaca Al-Qur’an dengan tartil | 1.1. Melafadzkan surat Al-‘Ashr dengan fasih 2.1 Menghafalkan surat Al-‘Ashr dengan fasih dan lancar 3.1. Merangkaikan 6 sampai 7 huruf Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat 4.1. Melafadzkan surat At-Takaatsur dengan fasih 5.1 Menghafalkan surat At-Takaatsur dengan fasih dan lancar 6.1. Mempraktekan membaca Al-Qur’an dengan tartil | Surat Al-‘Ashr
Surat Al-‘Ashr
Huruf-huruf Al-Qur’an
Surat At-Takaatsur
Surat At-Takaatsur
Al-Qur’an Juz 1-10 |
Untuk lebih lengkapnya silahkan Unduh KI-KD BTQ SD/MI Tahun pelajaran 2021-2022 dibawah ini :
Demikian informasi seputar Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar BTQ SD/MI Kurikulum K-13 TA. 2021-2022. Semoga artikel ini menjadi tambahan refrensi bagi para pendidik Baca Tulis Qur’an untuk menyipakan ataupun membuat perangkat pembelajaran BTQ SD/MI.
Dukung selalu kami dalam menyajikan beberapa artikel lainnya yang bermanfaat sebagai motivasi bagi rekan-rekan guru dalam mengajar dan mendidik para peserta didik. Simak terus berbagai macam informasi terbaru di daunpendidikan.com.